-->

Konten

Cara membuat bakso ikan yang lezat

Assalamu'alaikum.....
 
    Halo semua,,hari ini saya akan membahas tentang bagai mana caranya membuat bakso dari daging ikan,pasti kalian sudah tau dong sama yang nama nya bakso ikan ini,,,yah karena di buatnya dari daging ikan jadi di sebutlah bakso ikan,ga mungkin dong bakso ayam.
Bakso ikan ini hampir mirip cara pengolahan nya dengan bakso daging,dan juga banyak sekali pedagang yang menjual bakso ikan karena rasanya yang enak dan gurih.selain itu juga kandungan ikan yang di buat menjadi bakso ini mengandung banyak protein yang baik untuk perkembangan anak anda.
 Makanan yang satu ini kebanyakan orang mengenalnya berbentuk bulat seperti bakso pada umumnya cuma yang membedakan nya ialah dari bahan dagingnya itu sendiri,selain dari rasanya di pedagang pedagang anda membeli satu mangkuk saja pasti perut anda sudah tidak akan terasa lapar dan uang di dompet pun tidak akan habis karena harganya sangat terjangkau dan pas di lidah anda.
 Pasti terasa memuaskan banget deh.oleh karena itu jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa ko,apalagi buat suguhan teman teman anda yang bertamu ke rumah,soalnya biasanya buatan di rumah lebih banyak dari pada harus membeli.mari ikuti langkah saya untuk membuat bakso ikan berikut bahan bahan nya yang harus di siap kan.
 
                 Bahan-bahan
1)500 gr daging ikan
2)4siung bawang putih
3)3 SDM tepung sagu/tepung tapioka
4)es batu yang sudah hancur atau di serut
5)2 sendok makan gula pasir
6)garam secukupnya
7)2 butir telur ayam ambil putih nya saja
8)lada bubuk secukupnya
9)air bersih secukupnya.

 Setelah bahan bakso ikan sudah terkumpul mari kita membuatnya menjadi bakso yang enak dan gurih.langkah pertama masukan ikan tongkol yang sudah di bersih kan tadi kedalam mesin penggiling daging ikan bersamaan dengan putih telur,garam,es serut sesikit saja dan gula pasir,lalu aduk aduk sampai adonan benar benar halus.
 Setelah itu masukan dalam wadah lalu tambahkan tepung sagu atau tapioka lalu aduk sampai rata dan di uleni searah jarum jam ,jika adonan masih lembek anda bisa menambahkan tepung sagu atau tapioka
 Dan setelah itu siapkan air yang mendidih di atas kompor lalu matikan kompor tersebut jika sudah mendidih
 Dan setelah itu bentuk bakso dengan genggaman tangan yang di tekan menjadi bulat bulat lalu ambil pentolan bakso dengan menggunakan sendok makan,dan masukan bakso ikan ke dalam air panas yang sudah di rebus,lakukan lah hal tersebut sampai adonan bakso habis.
 Setelah bakso sudah habis rebuslah semua bakso ke dalam air mendidih dengan api sedang sampai bakso mengapung lalu angkat dan tiriskan.

Setelah bakso ikan nya sudah siap lanjut kita membuat kuahnya agar lebih mantap..
          Bahan-bahan
1)1/2 kg tulang sapi atau tertelan sapi
2)1 bungkus penyedap rasa sapi
3)11siung bawang merah
4)merica bubuk secukupnya
5)garam secukupnya
6)air bersih secukupnya

  Cara mengolahnya siapkan panci di atas  kompor yang telah di beri air lalu masukan tulang dan tertelan sapi rebus sampai mendidih dan sampai tetelan sapi menjadi empuk,lalu bersihkan sisa sisa kotoran  tulang yang ada di dalam panci yang menempel dan buang buih yang mengambang,kira kira memasaknya di butuhkan waktu 60 menit.
 Lalu siapkan wajan dan beri minyak untuk menumis bawang putih yang di cincang halus sampai harum,selanjutnya masukan bawang putih tadi ke dalam panci ber isi kuah kaldu tersebut bersamaan dengan garam ,dan bumbu penyedap rasa sapi.
Lalu aduk aduk lah agar semua bahan tercampur rata dan matikan apinya.
Nah,,,bakso ikan sudah jadi dan siap untuk di hidangkan bersama teman ,sahabat, dan keluarga.terima kasihhhh dan semoga sukses yah..


0 Response to "Cara membuat bakso ikan yang lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel