-->

Konten

Cara membuat lontong daun isi bihun kentang

Assalamu'alaikum....
 Hai bunda,pasti kalian sudah tahu dengan makanan yang satu ini,bahkan sudah tidak asing lagi di telinga kalian. 
Makanan ini biasanya dapat kita temukan di tukang gorengan yang biasanya suka ngider ngider di keliling kampung kita.
Lontong merupakan olahan yang terbuat dari beras yang di beri isian lalu di bungkus dengan daun pisang,selain rasanya yang enak lontong juga dapat mengganjal rasa lapar di perut kita karena bahannya terbuat dari beras ini lah seperti kita sedang makan satu porsi makanan yang harusnya kita makan.selain rasanya yang enak harganya pun sangat lah terjangkau di dalam dompet kita.
 Lontong juga makanan yang bisa di suguhkan sebagai kue untuk acara riungan atau selamatan di rumah kita atau di mana saja.makanan ini juga sangat nikmat bila kita menyantapnya sebagai sarapan pagi di temani dengan segelas cangkir teh manis yang masih hangat,apa lagi lontong isinya di siram dengan bumbu sambal kacang pasti lebih mantap dan lebih nikmat.
  Selain itu juga ada berbagai macam lontong yang berbeda beda isinya seperti ada lontong isi oncom,ada lontong isi daging,ada juga lontong sayur dan masih banyak lagi yang lain nya.
Tapi disini saya akan membahas tentang lontong yang sudah gak asing di telinga anda yaitu lontong isi kentang bihun.cara Membuatnya sangatlah mudah,jika anda ingin membuatnya silahkan saja,dan yang baru mau belajar mari kita memasak sama sama caranya membuat lontong daun isi kentang bihun.
 Langkah pertama kita akan mengumpulkan bahan bahan nya dulu.karena kalo bahan nya gak ada lontong pun gak jadi di buat.berikut ini lah bahan bahan yang harus anda kumpul kan sebagai berikut.


                     Bahan bahan
1)1/2 liter beras
2)beberapa lembar daun pisang
3)2 Batang sereh di geprek
4)4 lembar daun salam
5)garam secukupnya
6) 1 bungkus bihun kaca
7)5 butir kentang
8)3 buah wortel
9)Sasa secukupnya
10)5 siung bawang merah
11)4 siung bawang putih
12)6 buah cabai sesuai selera


 Setelah bahan sudah siap semua,mari kita mulai untuk membuatnya,langkah pertama cuci lah beras sampai bersih,lalu siapkan panci di atas kompor dengan di isi air untuk beras agar beras berubah menjadi aronan,tahukah anda apa itu aronan??
 Aronan merupakan yang di olah dari beras menjadi nasi yang belum matang maksudnya seperti gigih.
Ketika di Aron jangan lupa masukan lah batang sereh dan daun salam serta tambahkan garam sesuai selera.kemudian setelah aronan beras mulai surut airnya lalu angkat dan tiriskan .sambil menunggu aronan beras sampai dingin,kita merapat ke bagian membuat isiannya.
 Langkah pertama membuat isian potong potong lah kentang menjadi dadu dadu kecil lalu potong juga wortel dengan potongan memanjang kemudian rendamlah bihun dalam air,terserah anda mau air yang panas atau yang dingin itu sama aja yang penting bihunnya mengembang kemudian setelah mengembang iris iris bihun agar tidak ke panjangan.kemidian setelah semua sudah di potong potong kita buat bumbu untuk menumis isian lontong tersebut,bumbu yang di haluskan seperti bawang merah,bawang putih,dan cabai lalu setelah halus tumis bumbu tersebut sampai harum kemudian beri sedikit air setelah itu masukan lah potongan kentang dan wortel serta bihun ke dalam tumisan bumbu tadi lalu tambahkan garam dan Sasa sesuai selera anda juga bisa menambahkan Masako agar bumbu lebih terasa.kemudian aduk aduk lah sampai bumbu tercampur rata.
 Setelah bumbu sudah siap nasi lontong pun sudah siap mari kita ke tahap pembungkusan.cara membungkusnya pun lontong harus di ikat memakai tali rapia agar lontong tidak buyar ke mana mana saat di rebus.cara membungkusnya siapkan lah daun pisang kemudian letakan aronan lontong di daun pisang tersebut kemudian di gepeng kan lalu masukan lah isiannya kemudian tutup kembali dengan aronan lontong tersebut,setelah isian lontong sudah tertutupi aronan mulai lah di bungkus dan di masukan ke dalam panci berisi air panas yang sudah mendidih di atas kompor,lakukanlah hal tersebut sampai adonan habis,masak kira kira 2 jam.
 Setelah matang angkat dan tiriskan,lalu sajikan lah untuk keluarga anda atau pun teman dan saudara anda.dan jangan lupa beri taburan kuah sambal kacang yang enak pasti lebih nikmat.
Semoga bermanfaat resep yang saya bagikan untuk anda semua,dan semoga sukses selalu.



0 Response to "Cara membuat lontong daun isi bihun kentang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel