-->

Konten

Resep cara membuat dodol hitam yang kenyal dan legit

   Tahukah anda? Biasanya dodol ini merupakan makanan yang di olah ketika ada hari perayaan perayaan tertentu.
Seperti menjelang bulan puasa atau hari raya orang Tionghoa mereka juga membuat dodol yang kita sebut dodol china.dan juga makanan dodol ini ada sebagian orang yang membuatnya setiap hari karena untuk di jual di tempat pariwisata seperti di tempat tempat ziarah pasti pulangnya suka beli oleh olehnya dodol.
 Ada beragam macam macam dodol seperti dodol Garut,dodol nangka,dodol durian,dan banyak lagi parian rasa dari dodol tersebut.
Selain itu juga dodol memiliki rasa yang sangat manis karena dari olahan yang memakai gula merah nya yang alami sehingga dodol sangat di sukai oleh masyarakat di Indonesia.
 Dodol juga merupakan makanan teradisional yang mana hasil olahannya turun menurun dari kakek buyut kita.jadi jangan sampai makanan yang satu ini tertelan zaman yang begitu modern seperti saat ini.maka dari itu lah saya hadir di sini untuk memberikan sebagian dari ilmu saya tentang cara membuat dodol kepada anda semua.karena makanan si hitam manis ini sangat lah jarang di buatnya ,kalau tidak ada hari raya mungkin si hitam manis ini tidak akan terwujud.
 Cara membuatnya mungkin agak gampang gampang susah,karena membuat dodol harus mengeluarkan tenaga dalam agar semua adonan nya mengaduk dengan rata.
Biasanya bagian yang mengaduk dodol ini memakai tenaga laki laki karena tenaga laki laki jauh lebih kuat dari perempuan.
Baiklah mari kita mulai caranya membuat dodol hitam,langkah pertama kumpulkan bahan bahan nya dulu seperti berikut ini.


1)1 kg tepung ketan
2)200 gr tepung kanji
3)500 gr gula pasir halus terbaik
4)2 kg gula merah yang sudah di sisir
5)2 liter air santan kental
6)2liter air santan encer
7)1/2 sendok teh garam halus
8)2 lembar daur pandan ikat simpul
9) ) siapkan daun pisang taruh lah di atas nampan dan beri olesan minyak sayur agar tidak menempel

 Selanjutnya kita akan mengolahnya menjadi Dodo l yang sangat legit.langkah pertama siapkan lah wajan yang agak besar kemudian masukan lah santan kelapa,gula merah gula putih dan sedikit garam.serta daun pandan ,masak lah sampai mendidih.

Setelah mendidih lalu tiriskan santan kental tadi dan buanglah daun pandan .kemudian siapkan baskom dan masukan lah santan cair ,tepung ketan dan tepung beras lalu aduk semua sampai tercampur ,setelah itu masukan lah adonan tepung tadi kedalam santan yang telah di rebus.
Lalu aduk aduk sampai adonan mulai mengental ,matang dan angkat.tips adonan harus di aduk aduk jangan sampai berhenti sampai adonan mengental dan matang.
 Kemudian taruh dodol di atas nampan yang sudah di beri alas daun pisang dan tunggu sampai dodol mulai dingin.
Setelah itu dodol siap di potong potong menjadi bagian bagian kecil sesuai dengan selera anda.
Lalu dodol pun siap untuk di sajikan sebagai cuci mulut sehabis makan besar dengan keluarga anda,dan juga dodol dapat di sajikan untuk para tamu yang datang berkunjung ke rumah anda .semoga resep kali ini bermanfaat untuk anda semua dan semoga sukses selalu.

0 Response to "Resep cara membuat dodol hitam yang kenyal dan legit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel