-->

Konten

Cara mudah membuat kue renginang yang gurih dan renyah

 Tahukah anda???,,,, Dengan camilan yang garing dan gurih ini,yah namanya renginang. Renginang ini merupakan makanan kue teradisional yang masih axsis dari jaman dulu hingga sampai sekarang masih saja ada dan banyak di jumpai di pasar pasar terdekat dari yang sudah di goreng maupun yang masih mentah atau belum di goreng .selain rasanya yang enak garing dan gurih ranginang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia tentunya karena makanan yang satu ini merupakan makanan yang khas dari Indonesia.
 Renginang merupakan camilan paforit keluarga tentunya ,dan bisa juga untuk di suguhkan kan kepada para tamu yang sedang berkumpul di rumah anda,atau pun teman dan saudara anda yang sedang berkumpul kumpul di rumah anda ,karena camilan yang satu ini cocok sekali jika di makan dengan di temani dengan segelas cangkir kopi hitam yang masih hangat.
 Terbuat dari beras ketan yang di olah dan di bentuk bulat seperti lingkaran dengan peroses penjemuran yang membutuhkan kan waktu yang lama,itu pun tergantung dari panas nya sinar matahari yang menjemur renginang ya,jika cuaca sedang musim musimnya hujan saya saran kan anda jangan membuatnya dulu karena peroses penjemuran pasti membutuhkan waktu yang lama,bahkan mungkin renginang pun akan gagal dan bantat jika sudah di goreng nanti.
 Tetapi jika anda membuatnya di musim panas ini cocok sekali karena di musim panas penjemuran renginang pastinya membutuhkan waktu sebentar di antaranya mungkin dua atau sampai tiga hari,selain itu juga renginang akan bagus jika di goreng nanti dia akan mekar dan berkembang.bahkan anda juga bisa menjadikan peluang usaha di musim panas ini dengan membuat renginang .
 Bahkan jika anda bisa membuatnya dan hobi membuat renginang maka jadi kan lah hobi anda tersebut menjadi sebuah peluang bisnis untuk anda ,dan setidaknya anda juga bisa mengurangi dari berapa jiwa orang yang pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan.
 Renginang juga bisa di jadikan sebagai makanan yang di suguhkan untuk acara acara di rumah anda seperti contohnya acara hajatan ,sunatan, riungan dan yang lain sebagainya.
Maka dari itu saya menuliskan resepnya untuk anda semua tentang caranya membuat renginang karena saya suka membuatnya dan belajar dari nenek turun ke ibu setelah itu turun ke saya ,jadi saya ingin memberikan nya untuk anda semua.
 Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mengumpulkan bahan bahan nya terlebih dahulu

               Bahan-bahan
  1. 1 kg beras ketan yang bagus
  2. 7 siung bawang putih
  3. 3 sdm garam
  4. 2 potong terasi mentah (pake yg shachet aja biar praktis)
  5. 400 ml air 

   Cara membuatnya sangatlah mudah langkah pertama ialah
 Cuci bersih ketan. Lalu direndam semalaman.

  Siapkan dandang. Setelah air dandang mendidih kukus beras ketan selama 15 menit atau hingga ketan mekar dengan menggunakan kain saringan. Agar mudah mengangkat beras ketan.

  Sambil menunggu ketan mekar. Panaskan air lalu Haluskan bawang putih garam dan terasi. Setelah air mendidih matikan api dan masukkan bumbu halus. Aduk rata.

  Angkat ketan yang sudah mekar. Masukkan kedalam air bumbu aduk rata menggunakan sendok kayu. Biarkan selama 15 menit hingga air bumbu terhisap habis oleh ketan.

  Siapkan kembali dandang lalu kukus ketan berbumbu selama 25 menit hingga ketan matang.

   Cetak ketan di atas nampan (sebelumnya nampan diolesi dl dng minyak sayur agar ketan tidak menempel pada saat proses penjemuran nantinya) hingga ketan habis

  
Jemur ketan diterik matahari. Balik rengginang apa bila sudah kering satu sisinya. Lakukan hingga rengginang benar-benar kering

Tips: pada saat mencetak jangan ditekan2 ya.... supaya rengginang bisa mekar nanti waktu digoreng.^_^

Nah,,,, jadi begini lah cara peroses pembuatan renginang ,mudah dan simpel tapi membutuhkan waktu yang lama ,semoga sukses yah dan semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara mudah membuat kue renginang yang gurih dan renyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel